Skip to main content

Railvolution Kereta Api Indonesia

Belum adanya keberpihakan terhadap KA dulu sering kali dijadikan sebagai suatu alasan mengapa kinerja transportasi ini tak kunjung naik. Jika dibandingkan dengan anggaran untuk jalan raya yang dikeluarkan oleh pemerintah sebesar sekitar 30 triliun rupiah pada tahun 2012, anggaran KA sangat kecil, yaitu berkisar 9,25 triliun rupiah. Bahkan pada tahun-tahun sebelumnya, jumlah anggaran jalan raya berkisar antara 18-28 triliun rupiah sedangkan anggaran kereta api hanya sekitar 3-5 triliun rupiah. Namun sejak tahun 2012, perubahan terjadi yang menyebabkan bangkitnya perkeretaapian Indonesia. Dimulai dengan program Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), Identifikasi besaran investasi untuk sektor transportasi membutuhkan paling sedikit 814 triliun rupiah dalam 5 sampai 10 tahun ke depan. Jumlah ini terdiri atas investasi untuk jalan 339 triliun, pelabuhan 117 triliun, bandara 32 triliun, dan KA 326 triliun. Hal yang patut diperhatikan dari angka-angka tersebut adalah untuk pertama kalinya, rencana investasi di perkeretaapian di Indonesia hampir menyamai rencana investasi jalan raya.

Referensi:
Sutantono, Bambang. 2014. Revolusi Transportasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.


*tugas softskills 9

Comments

Popular posts from this blog

Test EY Indonesia | Pengalaman Psikotest di EY 2019 (Ernst and Young)

Pada tanggal 14 Januari 2018, ada email untuk undangan test di EY yang isinya sebagai berikut: Dear Applicant, Thank you for your interest in joining  EY   Indonesia . With respect to your application, we would like to invite you for a preliminary assessment with details as follows: Position             Assurance – Junior Auditor Day/Date          Wednesday, 16 January 2019 Time                  9:00 AM Venue                EY   Indonesia  -  Indonesia  Stock Exchange  (Bursa Efek  Indonesia ) Building                            ...

Analisis RegresiI Berganda - Uji Prasyarat Analisis Jalur ( Path Analysis )

Uji Prasyarat dilakukan sebagai sebuah persyaratan yang harus dipenuhi sebelum suatu analisis diterapkan pada sebuah data. Sebagai contoh, uji asumsi klasik merupakan persyaratan untuk analisis regresi linear berganda. Hal tersebut mengisyaratkan bahwa uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas adalah uji prasyarat untuk analisis regresi linear berganda. Namun, artikel ini tidak akan membahas lebih dalam tentang uji prasyarat regresi ganda tersebut karena memang sudah banyak artikel di blog atau website lain yang membahas tentang hal tersebut. Artikel ini akan membahas tentang  Uji Prasyarat untuk Analisis Jalur ( Path Analysis ) . Harapannya dengan artikel ini, dapat membantu mahasiswa yang tengah mengerjakan skripsi atau tesis kuantitatif dan menggunakan analisis jalur. Pembahasan ini dimulai dari pernyataan Imam Ghozali dan Fuad (2008) bahwa asumsi yang paling fundamental dalam analisi...

Pengalaman Psikotes dan Interview di Fleur Bleue Indonesia

Pada 7 Januari 2019, aku mendapatkan notifikasi di aplikasi jobstret yang berisi undangan interview seperti dibawah ini: Dear Amalia Dekata, Thank you for your interest in joining  PT Fleur Bleue Indonesia . We appreciate the time you've taken to apply for the position of  Finance & Accounting Staff . After reviewing your profile, we would like to extend an interview invitation so that we can further discuss on the above opportunity. We look forward to hearing from you. Yours sincerely, PT Fleur Bleue Indonesia Ms Yuliana Date and Time 09 Jan 2019 10:00 AM (UTC+07:00)     Time not suitable Venue Tokopedia Tower Ciputra World 2 Jakarta Lt. 35 Unit 35 A Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 11 Contact Person Ms Yuliana Test nya terdiri dari 6 soal pajak yang berisi tentang pelaporan pajak Pph dan PPN serta soal accounting yang terdiri dari 4 soal yang jawabannya dalam bentuk jurnal. Setelah mengerjakan soal, ada dokumen pribadi yang harus dilengkapi. Setelah ...